INDEKS RELATIF HARGA (TIDAK TERTIMBANG)

Pengertian Angka Indeks
Adalah suatu angka yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dipergunakan untuk melakukan perbandingan antara kegiatan yang sama (produksi ekspor, hasil penjualan, jumlah uang beredar, dsb) dalam dua waktu yang berbeda.
Di dalam membuat angka indeks diperlukan dua macam waktu yaitu : 1.Waktu dasar (Base period) yaitu waktu di mana suatu kegiatan (kejadian) dipergunakan untuk dasar perbandingan. 2.Waktu yang bersangkutan/sedang berjalan (Current period) yaitu waktu dimana suatu kegiatan akan diperbandingkan terhadap kegiatan pada waktu dasar
Pemilihan Tahun Dasar
Beberapa syarat yang perlu diperhatikan dalam menentukan atau memilih waktu dasar adalah 1. Waktu sebaiknya menunjukkan keadaan perekonomian yang stabil, di mana harga tidak berubah dengan cepat sekali. 2. Waktu sebaiknya usahakan paling lama 10 tahun atau lebih baik kurang dari 5 tahun. 3. Waktu di mana terjadi peristiwa penting. 4. Waktu di mana tersedia data untuk keperluan pertimbangan, hal ini tergantung pada tersedianya biaya untuk penelitian ( pengumpulan data).

 Indeks Tidak Tertimbang
Ø  Indeks harga relatif sederhana adalah indeks yang terdiri dari satu macam barang saja baik untuk indeks produksi maupun indeks harga misalnya indeks produksi ikan, indeks harga beras dll.
Ø  Indeks Agregatif adalah indeks yang terdiri dari beberapa barang (kelompok barang) misalnya indeks harga 9 bahan pokok.
Metode Menghitung Indeks Harga
Secara garis besar, ada dua metode penghitungan indeks harga, yakni metode tidak tertimbang dan metode tertimbang. Metode tidak tertimbang yaitu metode yang tidak menggunakan factor penimbang dalam menghitung indeks harga. Karena tidak menggunakan faktor penimbang maka semua barang dianggap sama penting. Ada dua jenis metode tidak tertimbang, yaitu:

1.      1. Metode agregatif sederhana, yang dirumuskan sebagai berikut:
 
2. Metode rata rata relative harga
 
Contoh Soal
Diketahui Harga beras dari tiga daerah pada tahun 2012,2013 dan 2014 disajikan pada tabel berikut, tentukan indeks relative harga pada tahun 2013 dan 2014 dengan memakai tahun dasar 2012.

2012
2013
2014
Beras Bali
2000
3750
4000
Beras Cianjur
4500
2500
3750
Beras Medan
4000
3250
2500


  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMIRINGAN DAN KERUNCINGAN

UKURAN GEJALA PUSAT DATA DIKELOMPOKAN

ANALISA DERET BERKALA